Pengantar Teknologi Informasi
Data adalah Representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya
Informasi adalah
· Data yang memiliki makna di dalam konteksnya
· Data yang saling berhubungan
Untuk menjadi suatu informasi, data (umumnya) perlu mengalami tahap pemrosesan.
Sumber informasi:
· Pengataman lapangan (observasi)
· Kuesioner
· Kejadian/event (pencatatan/perekaman)
· Pemodelan (simulasi, forecasting)
· Media massa
· Alat telekomunikasi
· Alat elektronis , dll
Karakteristik informasi yang baik:
· Tepat waktu
· Akurat
· Mudah diakses
· Menghilangkan keraguan
· Berhubungan
· Berdasarkan fakta
Teknologi adalah:
· Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis
· Aplikasi praktis dari sains dalam industri atau bisnis
Teknologi Informasi
Kamus Oxford (1995): TI adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.
Turban (Efraim Turban, 2008): The physical facilities, IT components, IT services and IT management that support an entire organization
· Tujuan TI:
Memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.
· Fungsi TI:
Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mengambil Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission).
· Teknologi Informasi digunakan untuk:
ü Kompleksitas tugas manajemen
ü Pengaruh globalisasi
ü Perlunya response time cepat
ü Tekanan persaingan bisnis
ü Peningkatan layanan
v Komponen Teknologi Informasi
- Hardware (HW)
· Istilah umum yang merujuk pada bagian-bagian fisik dari sebuah teknologi.
- Software (SW)
· Perangkat Lunak (atau software) adalah sekelompok item atau objek yang membentuk “konfigurasi” di mana di dalamnya termasuk :
a. Program
b. Dokumen
c. Data
- Brainware (BW)
· Istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer.
4. Firmware
· Perangkat lunak yang “ditanamkan” ke perangkat keras secara semi-permanen.
· Instruksi yang disimpan permanen di ROM
5. Infoware
· User manual, SOP, cyber law
Ø Penerapan teknologi informasi antara lain di bidang:
· Industri
· Perbankan
· Pendidikan
· Kesehatan
· Pemerintahan
· Hiburan, dll
Tidak ada komentar:
Posting Komentar